Analisa AC Pada Transistor

Analisa AC atau sering disebut analisa sinyal kecil paa penguat adalah analisa penguat sinyal AC, dengan memblok sinyal DC yaitu dengan memberikan kapasitor coupling pada sinyal input dan sinyal output.Pada  analisa AC untuk frekuensi midband/passband.

Semua kapasitor yang dirangkai coupling dan by-pass dapat dianggp hubung-singkat, dan semua sumber tegangan DC dapat dianggap seolah-olah terhubung dengan ground.

1.1rangkaian by-pass

bb

 1.2rangkaian coupling

li

Pada rangkaian ekivalen AC, dikenal 2 rangkaian dasar ekivalen AC yaitu:

  • Rangkaian dasar ekivalen AC model Ellbers-Moll

Model AC yang pertama kali adalah model Ebers-Moll yang berbentuk seperti huruf T.Rangkaian ini menggunakan sinyal AC yang kecil, Dan menggunakan diode emitter sebagai resistansi r’e dan diode colector sebagai sumber arus ic.

t gambar 1.3rangkaian ellbers-moll

  • Rangkaian dasar ekivalen Ac model h

Model rangkaian dasar ekivalen ac yang kedua adalah model h, pada rangkaian ini, saat sinyal input AC dihubungkan dengan penguat transistor, ada tegangan basis-emiter AC Vbe pada diode emitter. Sehingga transistor akan menghasilkan arus AC ib, sehingga Sumber tegangan AC akan  mensuplay arus basis AC ini, sehingga penguat transistor dapat bekerja dengan baik.
phi

gambar 1.4rangkaian model h

Selain rangkaian ekivalen AC , dikenal juga rangkaian ekivalen DC, Rangkaian Ekivalen DC diperlukan untuk menentukan tegangan dan arus pada emiter, basis dan kolektor. Rangkaian ekivalen ini diperoleh dengan menganggap semua kapasitor terbuka sehingga dapat dihilangkan dari rangkaian.

  • Rangkaian Ekivalen AC

mn

gambar 1.5Penggunaan rangkaian ekivalen AC

Rangkaian Ekivalen AC digunakan untuk menentukan resistansi masukan, faktor  penguatan  tegangan  dan  resistansi  keluaran dari penguat. Rangkaian ekivalen ini diperoleh dengan menganggap semua kapasitor hubung-singkat. Hal ini dapat dilihat pada gamar 1.5.

  • Rangkaian Ekivalen DC

Untitled

gambar 1.6Penggunaan rangkaian ekivalen DC

Rangkaian Ekivalen DC diperlukan untuk menentukan tegangan dan arus pada emiter, basis dan kolektor. Rangkaian ekivalen ini diperoleh dengan menganggap semua kapasitor terbuka sehingga dapat dihilangkan dari rangkaian.

  • Perbandingan ekivalen AC dan DC.

miks

 

KESIMPULAN:

Dari materi rangkaian ekivalen AC dan DC maka dapat disimpulkan bahwa rangkaian ekivalen AC digunakan untuk menentukan resistansi masukan, faktor  penguatan  tegangan  dan  resistansi  keluaran dari penguat. Rangkaian ekivalen ini diperoleh dengan menganggap semua kapasitor hubung-singkat. sedangkan rangkaian Ekivalen DC diperlukan untuk menentukan tegangan dan arus pada emiter, basis dan kolektor. Rangkaian ekivalen ini diperoleh dengan menganggap semua kapasitor terbuka sehingga dapat dihilangkan dari rangkaian.

DAFTAR PUSTAKA:

Malvino, Prinsip-Prinsip Elektronika edisi satu bab analisis AC

Sastra Kusuma Wijaya, Diktat elektronika I

Books.google.co.id

Untitled

MATERI SELENGKAPNYA DAPAT DIUNDUH DI:

EKIVALEN AC TRANSISTOR

TUGASPPT

Komentar Pembaca

Komentar

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>