Sistem Monitoring Spektrum Frekuensi Radio

SISTEM MONITORING SPEKTRUM FREKUENSI RADIO

 

Spektrum frekuensi radio merupakan sumber daya yang terbatas, oleh sebab itu diperlukan perencanaan penggunaan spectrum frekuensi yang efektif untuk menanggulangi pertumbuhan permintaan alokasi frekuensi yang terus meningkat.

Kegiatan monitoring spektrum frekuensi radio bertujuan untuk mengawasi tertib penggunaan spektrum frekuensi radio, memantau ketersediaan frekuensi radio dalam rangka penataan dan atau penetapan frekuensi baru, serta memberikan perlindungan kepada pengguna frekuensi radio yang telah mendapatkan izin dari gangguan yang merugikan (harmful interference).

Kegiatan dimaksud meliputi observasi/monitoring penggunaan atau pendudukan spektrum frekuensi, melakukan pengukuran parameter teknis untuk mengetahui karakteristik dan kualitas pancaran frekuensi radio dan kegiatan inspeksi secara langsung ke lapangan (validasi data), kemudian hasil akhir dari kegiatan diatas dapat juga dijadikan target operasi dalam penertiban penggunaan frekuensi radio di lapangan, dan tugas lain yang juga sangat penting dan menjadi prioritas dalam pelaksanaannya adalah penanganan gangguan frekuensi radio.

Monitoring spektrum frekuensi radio umumnya melakukan fungsi-fungsi sebagai berikut :

  1. Pengukuran Frequency dan frequency offset (ITU-R SM.377);
  2. Pengukuran Field strength (ITU-R SM.378;
  3. Pengukuran Bandwidth (ITU-R SM.443);
  4. Pengukuran Modulation dan frequency deviasi (ITU-R SM.328);
  5. Pengukuran Spektrum okupansi (ITU-R SM.182/ITU-R SM.328/ITU-R SM.1793);
  6. Radio direction finding dan lokasi, mendengarkan dan identifikasi di HF (ITU-R SM.854), V/UHF dan SHF (untuk menentukan stasiun tdk berlisensi);
  7. Investigasi Interferensi terhadap co-channel emissions, out-ofchannel emissions dan intermodulasi.

Tipe-tipe stasiun monitor spektrum frekuensi radio dapat dibagi menjadi :

  1. Control Center Monitoring dan DF
  2. Stasiun Monitoring Tetap
  3. Stasiun DF Tetap
  4. Stasiun Monitoring Mobile
  5. Stasiun DF Mobile

Konfigurasi stasiun monitor spektrum frekuensi radio masa kini dapat digambarkan seperti berikut ini :

1
Dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini, maka stasiun monitor di berbagai tempat dapat diintegrasikan dan dikendalikan dari control center monitoring. Dan perintah-perintah pelaksanaan monitoring pun dapat dijadwalkan secara otomatis untuk kemudian diambil hasilnya dan dianalisa.

Integrasi beberapa stasiun monitor tersebut dapat digambarkan sistemnya seperti berikut :

2

 Stasiun monitor remote dapat diletakkan di daerah-daerah tertentu sesuai perencanaan, terdiri dari stasiun monitor bergerak dan stasiun monitor tetap, dan dapat dikendalikan dari stasiun pusat. Stasiun pusat memiliki kontrol penuh untuk mengendalikan semua perangkat di stasiun monitor, mampu melakukan semua pengukuran yang relevan, mampu melakukan kalkulasi untuk semua data statistik untuk dievaluasi dan mampu melakukan pertukaran data dengan database spektrum manajemen.

3

 

Dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam Sistem Monitoring Spektrum Frekuensi Radio dan diterapkan secara nasional, maka diharapkan dapat meningkatkan ketertiban pengguna frekuensi radio, mengeliminasi potensi terjadinya gangguan antar pengguna frekuensi, terutama gangguan yang dapat membahayakan keselamatan jiwa manusia dan gangguan terhadap negara lain. Dan tentu saja yang paling utama sistem ini dapat membantu manajemen spektrum frekuensi nasional untuk mengambil keputusan terkait spektrum frekuensi radio.

Komentar Pembaca

Komentar

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>