PERAN ICT DALAM PROSES BELAJAR BAHASA INGGRIS

 

            ICT adalah singkatan dari information and communications technologies. Menurut Wikipedia, ICT terbagi atas 2 aspek yaitu teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data perangkat satu ke perangkat lainnya.

ICT memiliki peran sebagai salah satu alat bantu dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Salah satu mata pelajaran yang menggunakan pemanfaaatan ICT adalah bahasa inggris. Adapun beberapa eran ICT dalam pembelajaraan bahasa inggris adalah:

  • Mampu meningkatkan interaksi aktif antara pendidik dan peserta didik. Karena seiring dengan perkembangan ICT para peserta didik dapat memahami suatu materi pembelajaran dengan lebih baik seperti mencari bahan-bahan pembelajaran tersebut diinternet.
  • Mampu mengaktifkan pembelajaran. Maksud dari hal tersebut adalah para pendidik dapat menerapkan strategi belajar dengan menggunakan bantuan laptop dengan menambahkan gambar dalam materi tersebut lalu ditampilkan melalui in focus.
  • Para peserta didik dapat mencari berbagai kata asing dalam bahasa inggris menggunakan kamus yang telah tersedia dalam berbagai perangkat berbasis ICT.

Selain beberapa peran diatas ICT juga memberikan starategi baru bagi para pendidik dalam menerapkan proses belajar-mengajar. Dalam pembelajaran bahasa inggris diantaranya: memberikan tugas bagi para peserta didik membuat film dengan menggunakan percakapan dan ekpresi-ekspresi berbahasa inggris ataupun membuat video lagu berbahasa inggris menggunakan survival English yang menjadi materi.

Komentar Pembaca

Komentar

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>