PENGUKURAN TEGANGAN DAN ARUS BERBASIS WEBSERVER

 Pengukuran Tegangan dan Arus Berbasis Webserver

Tugas MK Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan – Munaf Ismail (MTE13110095)

1. Pendahuluan

Salah satu perkembangan teknologi yang pesat adalah teknologi internet, Perkembangan itu ditandai dengan semakin luasnya penggunaan internet di berbagai bidang seperti bidang jasa, industri,  perdagangan,  kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Dengan internet saat ini menyediakan berbagai macam layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan internet sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia. Seluruh bidang dituntut untuk memakai internet sebagai media mempercepat sistem penyebaran data dan pengolahan data . Kelebihan  lain dari teknologi internet adalah bersifat cross platform memungkinkan siapa saja dengan peralatan apa saja seperti PC, laptop, tablet dan Smartphone untuk memanfaatkan internet. Perguruan tinggi seperti Universitas Islam Sultan Agung dengan motonya sebagi world class university telah banyak menggunakan teknologi informasi dalam berbagai pelayanan civitas akademiknya.

Kesalahan pengukuran dan kesalahan pembacaan masih sering kali terjadi saat praktikum. Karena kesalahan pembacaan alat ukur atau kesalahan pencatatan, maka data yang didapat akan keliru, seharusnya praktikum dengan data percobaan yang salah perlu diulang. Terkadang juga dijumpai kesamaan data percobaan praktikan satu dengan lainya, berarti data percobaan tersebut disangsikan keasliannya.

Untuk  mengurangi kesalahan pengukuran, kesalahan pembacaan alat ukur dan kecurangan data pengukuran praktikum diperlukan suatu instrumen akuisisi data untuk membaca pengukuran praktikum yang hasilnya disimpan pada webserver. Dengan memanfaatkan webserver data percobaan aman tersimpan di webserver. Data percobaan juga dapat diakses oleh dosen praktikum atau asisten untuk penilaian dimanapun dan kapanpun sehingga lebih efektif.

Masih Tingginya persentase kesalahan pada data percobaan ini biasanya diketahui setelah mereka membuat laporan pelaksanaan praktikum. Laporan pelaksanaan yang telah dibuat akan dikoreksi oleh asisten praktikum dan dosen praktikum. Dengan data yang prosentase kesalahanya tinggi tentu analisa percobaan dan kesimpulan menjadi  tidak sesuai dengan tujuan praktikum.

Dengan sistem akuisisi data pada praktikum di  Laboratorium Teknik Elektro berbasis Webserver, peneliti ingin mengurangi kesalahan pengukuran praktikum, mengurangi kesalahan pencatatan dengan membuat pencatatan hasil pengukuran praktikum yang akan tersimpan di webserver, penilaian hasil percobaan lebih cepat karena semua data praktikum tersimpan di web server sehingga data percobaan dapat dibaca oleh asisten praktikum atau dosen praktikum kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi internet. Manfaat dari sistem ini juga mengurangi pemakain kertas yang berarti turut melestarikan lingkungan hidup.

Tabel 1. Solusi permasalahan Laboratorium Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UNISSULA3.2

3

2. Peralatan Penelitian

Perangkat Keras

  1. Sensor Arus ACS712
  2. Arduino Uno
  3. Komputer/Laptop
  4. Modem

Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya

  1. Sistem Operasi Microsoft Windows 7
  2. Compiler/IDE Arduino
    1. Adobe Dreamwaver
    2. PHP dan MySql

2.  Perancangan Sistem

Bahan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul percobaan praktikum Laboratorium Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UNISSULA. Pengukuran yang dilakukan adalah pengukuran tegangan dan arus. Hal ini dilakukan untuk uji coba sensor dan alat yang telah dibuat.

Ilustrasi dasar dari rangkaian sistem yang akan dirancang adalah blok modul praktikum, instrumentasi, Gadget – komputer dan Server. Setiap blok memiliki fungsi masing-masing. Adapun diagram blok perancangan sistem ini ditunjukkan pada gambar 1.

munaf

Gambar. 1 Diagram Pengukuran Tegangan dan Arus Berbasis Web Server.

Modul praktikum adalah percobaan dengan pengukuran tegangan dan arus yang ada di Laboratorium Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

Bagian Instrumentasi adalah akuisisi data dari tegangan dan arus yang diukur kemudian diolah menjadi data yang disimpan di server dan dapat di baca oleh praktikan, asisten maupun dosen praktikum.

2

Gambar 2. Blok Diagram Instrumentasi

Daftar Pustaka

http://jak-stik.ac.id/materi/MATERI02/Interfacing/lecKK-012325-8-1.pdf

http://etd.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=58659&obyek_id=4

http://etd.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=61505&obyek_id=4

http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/listrik-electro/1040-embedded-webserver-using-arduino-part1

Komentar Pembaca

Komentar

3 Responses to PENGUKURAN TEGANGAN DAN ARUS BERBASIS WEBSERVER

  1. Thanks you for share and interesting ..

    ST3 Telkom

  2. Thanks you for share and interesting yaaa ..

    ST3 Telkom

  3. Thanks for your post really helped me awaited other stuff ..

    ST3 Telkom

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>