PENERAPAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Information,Communication and Technology atau yang sering di singkat dengan ICT, Menurut (Indrajut) (2004), fungsi teknologi  informasi dan komunikasi dalam  pendidikan dapat dibagi menjadi tujuh  fungsi, yakni:

  1. Sebagai gudang ilmu,
  2.  Sebagai alat bantu pembelajaran,
  3. Sebagai  fasilitas pendidikan
  4.  Sebagai standar  kompetensi,
  5. Sebagai penunjang administrasi,
  6.  Sebagai alat bantu manajemen sekolah, dan
  7.  Sebagai infrastruktur pendidikan

gabungan

Pada ke tujuh fungsi diatas dapat difahami bahwa manfaat media ICT menjadi kontribusi di dalam dunia pendidikan.ICT sangat penting untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris karena dalam media ICT terdapat aplikasi seperti :

  • E-Learning           : Aplikasi yang menggunakan jasa seperti internet,telephone,satelit dan lain sebagainya.Di dalam aplikasi E-Learning terdapat pembelajaran berbasis internet,contohnya adalah Web course,Web centric course,web enhanced course.

Web course        : basis pembelajaran ini menggunakan internet,jadi tidak ada tatap muka (jarak jauh).

Web centric course         : Basis pembelajaran ini kebalikannya dengan web course yaitu dengan bertatap muka (jarak dekat).

Web enhanced course  : Basis pembelajaran ini menggunakan internet serta bertatap muka langsung dengan pembelajarnya.

  • E-Library              : Basis pembelajaran menggunakan perputakaan online yang berada di internet.
  • Virtual University             : aplikasi yang digunakan apabila mengalami kesulitan bertatap muka sehingga menggunakan internet untuk media pembelajaran.
  • Edukasi.net        : merupakan situs untuk belajar di internet.

Semua aplikasi yang terdapat di dalam media ICT tersebut dapat di gunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dan dapat meningkatkan inovasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.Dengan aplikasi dank e tujuh fungsi ICT tersebut di harapkan dapat meningkatkan kefektifan / ke efesiensi dan kemenarikan dalam proses pembelajaran serta dapat membangun kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dan membangun kreatifitas ICT itu sendiri pada siswa.

Bibliography

Faridi, A. (n.d.). INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ICT. 2010.

Indrajut. (n.d.). Arsitektur Sekolah Modern Indonesia. 2004.

 

 

Komentar Pembaca

Komentar

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>