Pembelajaran bahasa inggris berbasis ICT (Information Communication and Technology)

ICT atau istilah yang dikenal dengan TIK (Teknologi informasi dan komunikasi) adalah sarana yang mendukung pembelajaran di era saat ini. Komputer menjadi salah satu media yang paling penting dalam proses pembelajaran ini. Dalam computer menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan seseorang untuk belajar baik belajar secara visual, audio, ataupun audio-visual. (Murtini, 2011).

Penguasaan computer secara baik menjadi salah satu kata kuci yang mana bisa mendukung dalam proses pembelajaran. ICT membantu seseorang untuk bisa menguasai computer dengan baik. Tentu, salah satu alasan inilah yang merujuk pada kemampuan berbahasa seseorang. Seseorang dnegan kemampuan penguasaan computer yang baik tentu akan mendukung penguasaan berbahasa yang baik. Dalam ICT banyak hal yang bisa dipelajari salah satunya pemanfaatan microsof office dalam mendukung pembelajaran berbahasa inggris, tak hanya itu di ICT akan dikenalkan tentang internet.

Internet bisa dimanfaatkan untuk sarana belajar e-learning. E-learning merupakan sarana pembelajaran yang menggunakan koneksi internet sebagai penunjangnya. Untuk itu, peran ICT dalam pembelajaran berbahasa inggris sangat penting. Penguasaan berbahasa inggris yang baik menjadi salah satu hal penting dimana tanpa penguasaan berbahasa inggris yang baik kita tidak akan mengerti bagaimana cara penguasaan ICT dengan baik.

Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh, apabila kita menerapkan system pembelajaran ICT dalam pembelajaran bahasa inggris : (Rico, 2012)

  1. Saling tukar informasi baik lewat social media yang ada di internet.
  2. Komunikasi dengan murah, cepat dan efisien.
  3. Penghematan biaya.

 

Tapi selain keuntungan yang bisa didapat dari pemanfaatan  ICT, banyak kerugian juga yang bisa di peroleh :

  1. Terjadi pelanggaran hak atas kekayaan
  2. Banyak konten porno, bisa dengan mudah diunduh lewat internet.

 

Jadi, terdapat hubungan keterkaitan antara pembelajaran bahasa inggris dengan berbasis ICT.

Dalam era globalisasi ini sangat penting dalam menguasai dua elemen penting tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

Murtini. (2011, Augustus 6). Retrieved May 26, 2014, from http://laciilmu.wordpress.com/2011/08/06/tik-dalam-pembelajaran-bahasa/

Rico. (2012, February 14). Retrieved May 26, 2014, from http://riko1401086943.blogspot.com/

 

 

 

 

Komentar Pembaca

Komentar

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>