Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

MAKIN “GAUL (Gampang Untuk beLajar)”

DENGAN ICT

IT    Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pengaruh teknologi dan komunikasi atau Information and Communication Technology (ICT) di era globalisasi ini sudah memasuki segala bidang kehidupan. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Sebagai media dalam proses pendidikan, ICT menawarkan beberapa aplikasi yang dapat dilakukan inovasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. E-learning

E-learning atau pembelajaran melalui online adalah pembelajaran yang pelaksanaanya didukung oleh jasa teknologi seperti telepon, audio, videotape, transmisi satelit atau komputer. Seperti Kursus atau pendidikan dengan media pembelajaran jarak jauh (distance learning) dan cyber classroom. Ada tiga sistem pembelajaran berbasis Internet dalam E-learning yaitu:

a. Web Course

Merupakan penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran dimana bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan dan ujian melalui internet atau tidak ada tatap muka dalam proses pembelajaran. Seperti proses pendidikan jarak jauh (distance Education); virtual university.

b. Web Centric Course

Berbeda dengan Web Course, Web Centric Course lebih menekankan pembelajaran dimana bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, dan latihan melalui internet. Ujian, dan sebagian konsultasi, diskusi & latihan secara tatap muka persentase tatap muka yang dilakukan dalam proses pembelajaran lebih kecil. Seperti university off campus.

c. Web Enhanced Course

Merupakan penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran dimana internet hanya untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara tatap muka atau persentase tatap muka yang dilakukan dalam proses pembelajaran lebih besar.

2. E-Library

Merupakan perpustakaan online yang berisikan 800 milyar informasi tentang ilmu pengetahuan dll.

3. Virtual University

Merupakan aplikasi dari proses pendidikan jarak jauh, dimana virtual university merupakan salah satu kemudahan yang diberikan layanan internet bagi pembelajar yang mengalami kesulitan dalam hal waktu tatap muka langsung, dan tentunya dalam prosesnya tidak mengurangi kualitas dari pendidikan tersebut.

4. EdukasiNet

Merupakan situs pembelajaran berbasis internet; artikel, rancangan pengajaran, bahan ajar, proyek pendidikan, kurikulum, tutor, pusat sebaran dan penerbitan, forum diskusi, Interactive school magazine, video teleconference (kelompok diskusi berpusat di Global School Network, cu-seemeschools@ gsn.org), TV Edukasi dan search engine. Bentuk-bentuk pengembangan lain internet dalam media pendidikan Lab Online (Virtual Laboratory), Data base materi yang ter-update, RealtimeWeb sharing dan diskusi  (Faridi, 2009).

 

Dengan adanya aplikasi-aplikasi di atas, kita dengan mudah dapat mengakses materi atau bertanya mengenai bahasa inggris kapan saja dan dimana saja sehingga dapat meningkatkan kemapuan bahasa inggris kita. Kita tidak perlu lagi membawa buku atau kamus yang begitu tebal untuk mencari bahasa inggris dari kata yang cari. Kelebihan lain dari penggunaan ICT dalam peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Inggris yaitu :

  1. Memperbaiki grammar dan penulisan dari kata atau kalimat yang kita cari sehingga dapat meningkatkan skill Writing kita,
  2. Mengetahui cara baca atau pronounciation dari kata yang kita masukkan sehingga meningkatkan skill Listening, Reading, dan Speaking kita,
  3. Menemukan bacaan menggunakan Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah,
  4. Dapat bersosialisasi atau bercakap langsung dengan native English speaker.

Sumber :

Faridi, A. (2009, Juni 1). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis ICT Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan. Retrieved Juni 18, 2014, from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/download/497/454.

 

Komentar Pembaca

Komentar

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>