ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

 

 

 

ICT atau TIK merupakan sebutan lain dari tekhnologi, informasi dan komunikasi. ICT merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan kepada siswa, agar lebih mengetahui berbagai hal tentang tekhnologi. Selain itu pembelajaran ini ditujukan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia, agar tidak tertinggal dengan kemajuan tekhnologi yang semaki canggih, dan modern. Akhir-akhir ini, diberbagi jenjang sekolah, telah menggunakan ICT sebagai media dalam pembelajaran. Bukan hanya untuk spesifikasi untuk tekhnologi, melainkan dengan bidang lain, seperti bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain-lain. (elmoglobe, 2012)

Penggunaan ICT sebagai media pembelajaran bahasa inggris sangatlah efisien. Dengan media pembelajaran ini, siswa lebih paham, dan tanggap terhadap materi yang diberikan. Terlebih siswa lebih bisa dalam hal praktik. Pembelajaran Bahasa  I (2012)nggris yang dilakukan denngan media ini diharapkan agar siswa lebih tertarik dan lebih atraktif. Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan ICT sebagai media pembelajaran dalam pendidikan:

  1. Melalui ICT, dengan mudah gambaran dapat digunakan untuk pengajaran dan meningkatkan memori bekajar.
  2. Melalui ICT, dengan mudah pengajar dapat menjelaskan arahan kompleks untuk pemahaman pelajar.
  3. Melalui ICT, pengajar boleh membuat sesi interaktif, membuat pelajaran menjadi lebih menarik, yang boleh meningkatkan kehadiran pelajar, serta konsentrasi pelajar.

 

Sedangkan kelemahan yang dimiliki oleh ICT sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut:

 

  1. Penyediaan alat, bisa menjadi salah satu kendala.
  2. Biaya yang diperlukan terlalu mahal.
  3. Bagi tenaga pengajar yang eluym memiliki pengalaman mengenai ICT, kemungkinan besar akan kesulitan. (tekhnologiinformasidankomunikasi, 2014)

 

Melihat beberapa manfaat yang dapat diberikan oeh ICT sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk berbagai macam pelajaran, salah satunya yakni dalam berbahasa Inggris, nmempunyai peluang besar dalam pemberian dampak positif ke depannya untuk meningkatkan minat belajar pelajar untuk Bahasa Inggris.

Dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris, dengan media ICT materi pembelajaran dapat dibuat semenarik mungkin, seperti tenses atau grammar yang dapat ditampilkan dengan tampilan yang menarik dan sesimpel mungkin. Tidak hanya itu, dalam Bahasa Inggris, terdapat cara pengucapan yang benar atau disebut dengan pronounciation.  Dengan media ini, pengajar bisa menyisipkan rekaman audio yang berisi dengan pelafalan kata dalam Bahasa Inggris, sehingga diharapkan pelajar dapat mengingat dengan kuat, setelah belajar dengan mendengarkan audio pelafalan tersebut. Begitu banyak manfaat yang ditawarkan oleh ICT sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris.

 

Referensi

(2012, juny 13). Retrieved may 26, 2014, from http://www.elmoglobal.com/my/html/ict/01.aspx

elmoglobe. (2012, juny 13). Retrieved may 26, 2014, from elmoglobe web: http://www.elmoglobal.com/my/html/ict/01.aspx

tekhnologiinformasidankomunikasi. (2014, april 2). Retrieved may 26, 2014, from tik web site: http://www.teknologiinformasidankomunikasi.com/ict/apa-itu-ict/

 

 

Komentar Pembaca

Komentar

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>