Google Drive, Solusi Mengamankan dan Membackup Data

Dulu Kita sering mengalami kendala ketika sedang melakukan penyimpanan file di perangkat penyimpanan data seperti disket, CD bahkan hard disk, kendala paling banyak adalah media penyimpan data penuh dan bahkan rusak.. paling banyak dialami oleh mahasiswa ketika sedang mengerajakan Skripsi atau Tugas Akhir. solusi lain adalah membackup file tersebut di Flashdisk, tetapi karena flashdisk memiliki betuk fisik yang relatif kecil, banyak orang kehilangan flashdisk, karena jatuh ataupun ngilang sendiri ketika dibutuhkan :) .
saya sendiri pernah menyiasati dengan menyimpan di email, tetapi sangat repot ketika mencari file, karena harus menyortir sekian banyak subject pesan yang kita buat. ketika google meluncurkan google doc, permasalahan terkait dengan penyimpanan data terbantu sekali, kita bisa simpan file di google doc dan kita juga bisa berbagi ke orang lain dengan share file ke user lain, kita juga bisa berbagi mengerjakan pekerjaan di aplikasi word prosessor maupun spread sheet dll secara bersama-sama dengan user lain, kita tidak perlu lagi memikirkan mengenai software Microsoft Office maupun perangkat penyimpanan data karena semua dilayani oleh teknologi Cloud Computing. Kendalanya adalah ketergantungan pada PC ataupun Komputer serta koneksi internet tentunya, tetapi itulah syarat layanan cloud computing..

Saat ini Google docs sudah digantikan dengan satu fitur yang lebih bagus, layanan tersebut adalah Google Drive, aplikasi ini diluncurkan oleh google bulan April 2012 yang lalu, sehingga URL docs.google.com akan digantikan dengan drive.google.com setelah aplikasi google drive diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan quota tertentu dengan pembayaran tertentu. Kita bisa istall Google Drive for PC disini.
Setelah instalasi berhasil, kita akan diminta login ke aplikasi dekstop google drive, untuk memilih model singkronisasi file yang akan kita singkronkan dari direktory komputer kita ke direktory di google drive, selama koneksi internet kita aktif, maka file yang ada di PC kita akan diamankan di drive google, fitur share juga masih bisa kita nikmati. layanan ini dimudahkan lagi buat  yang punya gadget android, dengan menginstall aplikasi google drive dari google apps atau Play store kita bisa menikmati layanan berbasis cloud computing di gadget android kita. Menyenangkan bukan.. bisa menyimpan dan membackup file penting kita dari PC maupun dari HP kapanpun dan membukanya kembali tanpa takut hilang ataupun rusak…

Selamat mencoba..

Komentar Pembaca

Komentar

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>